Resep Colenak Sawur Kacang Resep Sunda

Setelah kemaren saya jalan2 ke stiabudi tepatnya di rumahimoet saya memesan colenak yg sangat empuk dan juga enak Colenak adalah salah satu jajanan khas Sunda yang merupakan singkatan dari di “cocol enak”, di saat itu juga saya langsung tersirat untuk berbagi resep kepada pembaca blog ini tentang bagaimana membuat colenak tapi dengan sedikit pareasi /kreatifitas kita.. sekarang saya akan memberi resep yg saya dapatkan dari Sini dan setelah saya coba enak juga makan nya saya sarankan di modifikasi sesuai selera kita
dan ini bahan yg harus di sediakan untuk membuat Resep Colenak Sawur Kacang Resep Sunda



600 g tapai singkong kuning
10 buah pisang uli
750 ml santan, dari 2 butir kelapa
2 buah kelapa muda
300 g gula merah
2 buah kelapa muda
4 lembar daun pandan
10 cm jahe
50 g gula pasir
1/2 sdt garam
750 ml santan, dari 2 butir kelapa
100 g kacang tanah sangrai/panggang, kupas, cincang kasar

Tips:
Cara membuat Resep Colenak Sawur Kacang  sangat lah mudah tapi gak semudah membalikan telapak tangan juga ya ada proses yang harus di perhatikan supaya hasil masakan nya terasa lebih eank..
 Cara membuatnya :
Potong tape singkong dengan ukuran 4 cm, sisihkan. Kupas pisang, potong dengan ukuran 5 cm, sisihkan. Bakar tapai dan pisang di atas bara api sampai setengah matang, angkat, pipihkan. Bakar kembali tapai dan pisang hingga matang dan kecokelatan, angkat.
Saus gula merah: Sisir gula merah, keruk kelapa muda menggunakan alat pengeruk. Sobek-sobek daun pandan, ikat. Memarkan jahe, sisihkan.Jerang santan, gula merah, gula pasir, garam, daun pandan, dan jahe, aduk-aduk agar santan tidak pecah, masak hingga mendidih, angkat. Saring, buang ampasnya, sisihkan. Taruh tape singkong, pisang, dan kelapa muda di atas mangkuk saji, siram dengan kuah, taburi dengan kacang tanah panggang, sajikan hangat.

Dengan resep di atas colenak tidak lagi menjadi jajanan tradisional tapi juga bisa kita suguhkan untuk tamu bahkan bisa kita jadikan bisnis di cafe /restoran... semoga bermanfaat...

0 Response to "Resep Colenak Sawur Kacang Resep Sunda "

Post a Comment

Halaman